Buku ini menyajikan bukti empiris tentang implementasi perencanaan strategi pemasaran dengan konteks Indonesia. Berangkat dari teori kontingensi, buku ini menggagas bahwa kredibilitas strategi pemasaran bergantung pada lingkungan bisnis eksternal serta proses perumusan strategi tersebut. Kredibilitas strategi pemasaran dan proses perumusan strategi, pada akhirnya, menentukan efektifitas implementasi strategi tersebut dalam mencapai kinerja yang diharapkan. Hubungan sebab akibat di antara variabel-variabel tersebut kemudian dianalisa dengan model persamaan struktural menggunakan program LISREL 8.30. Data primer dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan para manajer pemasaran dari 219 perusahaan Indonesia.
Hasil analisis tidak hanya memperkuat gagasan mengenai pengaruh lingkungan bisnis eksternal terhadap tindakan organisasi seperti kredibilitas strategi pemasaran, namun juga memperkuat pendapat tentang pentingnya budaya inovasi dalam implementasi perencanaan strategi pemasaran. Temuan tersebut juga menunjukkan bahwa manajer pemasaran memainkan peran yang sangat penting dalam perumusan dan implementasi strategi pemasaran. Dalam lingkup perumusan strategi, manajer pemasaran sebagai katalisator perusahaan dengan lingkungan bisnisnya, bertugas menyediakan informasi kepada para pengambil keputusan berkenaan dengan isu-isu strategis terkini dan terbaru tentang pasar dalam rangka meningkatkan kredibilitas strategi yang dirumuskan. Di sisi lain, dalam implementasi strategi, dengan kewenangan yang dimilikinya, manajer pemasaran melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap strategi pemasaran, dan menyelaraskan strategi terhadap perubahan lingkungan yang signifikan untuk mencapai kinerja terbaik. Hasil analisis mendukung pendapat bahwa seharusnya tidak perlu dilakukan pemisahan antara perumusan strategi dengan aspek implementasinya. Selain itu, temuan tersebut juga memperkuat tentang pentingnya keselarasan antara strategi pemasaran dengan lingkungan eksternal dan internal untuk mencapai kinerja terbaik. Pada akhirnya, penggunaan perusahaan Indonesia sebagai sampel penelitian dan tingkat konsistensi sebagian besar hasil analisis dengan temuan-temuan sebelumnya menunjukkan bahwa temuan yang diungkap dalam buku ini dapat diaplikasikan baik di negara industri yang sudah maju maupun di negara-negara industri baru seperti Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar